Langsung ke konten utama

Pengenalan Java Web Start


Java Web Start (JWS) adalah perangkat lunak yang menyediakan wewenang untuk menjalankan aplikasi dengan fitur lengkap hanya dengan satu klik saja. Pengguna dapat mengunduh dan menjalankan aplikasi tanpa melalui prosedur instalasi yang panjang.
Dengan software JWS, pengguna dapat menjalankan aplikasi dengan mengklik link dari halaman web. Link tersebut mengarah ke file Java Network Launch Protocol (JNLP) yang menginstruksikan sotware JWS untuk mengunduh, menyimpan ke lokal computer (cache), dan menjalankan aplikasi.


Software JWS memberikan keuntungan bagi developer Java dan penggunanya dalam deployment, yaitu:
  1. Dengan software JWS, kamu dapat menempatkan aplikasi java tunggal di Web Server untuk deployment ke banyak platform, seperti: Windows, Linux, dan Solaris.
  2. JWS mendukung platform Java yang ganda dan simultan, sehingga aplikasi dapat meminta versi tertentu dari software Java Runtime Environment (JRE) tanpa terjadi konflik dengan aplikasi lain.
  3. Pengguna dapat membuat desktop shortcut untuk menjalankan aplikasi selain Web Browser.
  4. JWS mengambil keuntungan dari keamanan (securityi) yang melekat dengan platform Java. Sebenarnya, aplikasi sudah memiliki akses yang terlarang ke lokal disk dan jaringan.
  5. Aplikasi yang dijalankan oleh JWS telah menyimpan cache ke lokal untuk mempercepat performa aplikasi.
  6. Melakukan update ke aplikasi JWS, secara otomatis diunduh ketika aplikasi dijalankan dari computer pengguna.

JWS sudah terinstalasi dari software JRE. Pengguna tidak perlu melakukan instalasi JWS terpisah atau tambahan plugin untuk menggunakan aplikasi JWS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Design Pattern di Java

Java merupakan pemrograman yang berorientasi objek dengan interface, abstract, dan class sebagai bentuk dasar dari kode. Seorang programmer java yang ingin mencapai level expert apakah cukup dengan mengetahui prinsip OOP (Object Oriented Programming) ? Jawabannya tidak. Karena ilmu yang harus dipahami selanjutnya adalah Design Pattern dalam membuat kode Java. Design Pattern adalah solusi umum (konteks) terhadap masalah yang sering muncul dalam aplikasi software. Berdasarkan pengertian tersebut, design pattern terdiri dari tiga elemen dasar, yaitu: Konteks: situasi dimana pattern diterapkan (dan biasanya hal ini berulang)Masalah: tujuan atau batasan yang akan dicapai oleh konteksSolusi: desain umum dari masalah yang akan diselesaikan dan ditentukan batasannya

10 Cara Menjadi Programmer yang Expert (Ahli)

Saran saya untuk menjadi programmer yang expert / ahli: Sering dan banyak membuat programMembuat kode program dengan prinsip efisien dan fleksibelMembuat kode program dengan referensi buku yang direkomendasikanSelalu bertanya dalam hati "Mengapa aku harus membuat kode seperti ini?"Bereksperimen dengan kode secara asal-asalanMencari guru/mentor yang lebih pahamMenjadi pembicara atau pengajar dari program yang dipahamiBerhenti coding bila sedang jenuhMenulis kode di bahasa pemrograman lainMenerima opini/masukan yang baik (membangun) dan menolak masukan yang buruk
Semoga bermanfaat guys :)