Langsung ke konten utama

Pengenalan GridSQL

Overview

Gridsql adalah sistem database paralel (terbagi beberapa cluster) yang didesain untuk solusi data warehouse dan berbasis database PostgreSQL. Gridsql digunakan untuk memaksimalkan penggunaan database dengan data yang sangat besar, sehingga menghasilkan query yang cepat untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Aplikasi gridsql dijalankan di server induk yang terhubung dengan beberapa server (agent).



Cara gridsql menghasilkan query dengan cepat adalah menempatkan data ke beberapa server agent yang diatur oleh satu server induk (coordinator). Saat menjalankan query di server induk, server induk akan menjalankan query yang sama secara paralel di server bawahannya. Sehingga hasil query-nya lebih cepat walau dengan data yang sangat besar.
Gridsql dapat dijalankan di beberapa Operating System, seperti :
a.       Windows
b.      Linux
c.       Solaris (seperti linux dalam instalasinya)
Gridsql memang sangat tepat digunakan di perusahaan yang membutuhkan pengelolaan data yang sangat besar dan membutuhkan banyak perangkat dalam mengolah data-datanya.
Kelebihan :
1.       Instalasi hanya di satu server induk (untuk server agent hanya butuh terhubung dengan server induk dan telah terinstalasi database Postgresql).
2.       Query yang sangat cepat (akan semakin cepat bila jumlah agent semakin banyak).
3.       Aplikasinya open source, sehingga tidak perlu bayar license.
4.       Jumlah server yang digunakan tidak terbatas.
5.       Compatible dalam server yang berbeda OS. (Misalkan : server coordinator OS windows dan server agent OS Linux).
Kekurangan :
1.       Konfigurasi di server yang agak rumit (terutama di OS Solaris).
2.       Koneksi antara coordinator dan agent kadang bermasalah.
3.       Aplikasi ini hanya berjalan di database Postgresql untuk versi 8.xx.
Bila ingin mendownload aplikasi ini, klik disini (gratissss).
Bagi pengguna windows download file yang ada tulisan windows dan bagi pengguna linux download file rpm (biasanya untuk Redhat/Centos linux) atau gridsql-1.x.tar.gz (sama untuk OS solaris).
Selamat mencoba..Kalau butuh bantuan,,,silakan di-comment ^^

Keterangan :
Cluster = Server yang telah dibagi berdasarkan tugasnya.
Data Warehouse = Data dengan size yang sangat besar.
Query = Command/perintah ke database untuk mengolah data yang tersimpan, outputnya berupa data atau informasi.
Open-source = Software yang terbuka untuk siapa saja dalam mengembangkan sofware ini dan gratis untuk di-download.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Design Pattern di Java

Java merupakan pemrograman yang berorientasi objek dengan interface, abstract, dan class sebagai bentuk dasar dari kode. Seorang programmer java yang ingin mencapai level expert apakah cukup dengan mengetahui prinsip OOP (Object Oriented Programming) ? Jawabannya tidak. Karena ilmu yang harus dipahami selanjutnya adalah Design Pattern dalam membuat kode Java. Design Pattern adalah solusi umum (konteks) terhadap masalah yang sering muncul dalam aplikasi software. Berdasarkan pengertian tersebut, design pattern terdiri dari tiga elemen dasar, yaitu: Konteks: situasi dimana pattern diterapkan (dan biasanya hal ini berulang)Masalah: tujuan atau batasan yang akan dicapai oleh konteksSolusi: desain umum dari masalah yang akan diselesaikan dan ditentukan batasannya

10 Cara Menjadi Programmer yang Expert (Ahli)

Saran saya untuk menjadi programmer yang expert / ahli: Sering dan banyak membuat programMembuat kode program dengan prinsip efisien dan fleksibelMembuat kode program dengan referensi buku yang direkomendasikanSelalu bertanya dalam hati "Mengapa aku harus membuat kode seperti ini?"Bereksperimen dengan kode secara asal-asalanMencari guru/mentor yang lebih pahamMenjadi pembicara atau pengajar dari program yang dipahamiBerhenti coding bila sedang jenuhMenulis kode di bahasa pemrograman lainMenerima opini/masukan yang baik (membangun) dan menolak masukan yang buruk
Semoga bermanfaat guys :)