Langsung ke konten utama

ECLIPSE MODELLING FRAMEWORK (EMF)

Overview dan Instalasi

EMF didesain untuk memudahkan pendesainan dan pengimplementasian untuk model aplikasi yang terstruktur. Framework java menyediakan fasilitas code generator untuk menjaga fokus dari model aplikasi dan tidak mengimplementasian secara detail. Konsep kunci dari framework, yaitu :
a.       Meta-data
b.      Code generation
c.       Default serialization
EMF dapat digunakan untuk menjelaskan dan membangun sebuah model. Sesuai dengan definisinya, kode java dapat dibangun dan dikembangkan dengan penambahan level yang lebih tinggi dari kode java. Untuk melihat web project-nya disini.
Dalam EMF, model dapat dibuat dengan 3 cara, yaitu :
1.       Menulis file XMI secara langsung.
2.      Ekspor file XMI, dari tools seperti Rational Rose dan Omondo Eclipse UML plugin dan load ke project.
3.       Annotate Java Interfaces dengan properties model.
Cara instalasi EMF, yaitu :
1.      Install Eclipse IDE Java, download disini. Pilih RCP plugins.
2.    Buka aplikasi Eclipse, Klik Menu > Install New Software > Add > Copy link http://download.eclipse.org/modeling/emf/updates/releases/ ke Location.
3.     Pilih EMF SDK 2.5.0 (sesuai dengan release Eclipse, ex: bila Eclipse 3.4.x ambil EMF 2.4.x).
4.      Klik Next >  Next. Tunggu sampai selesai instalasi. Eclipse akan minta restart.
Bila ingin bertanya, comment aja / email yang tercantum di blog ini.
Sumber : Eclipse Development using the Graphical Editing Framework and the Eclipse Modeling Framework (Februari 2004)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Design Pattern di Java

Java merupakan pemrograman yang berorientasi objek dengan interface, abstract, dan class sebagai bentuk dasar dari kode. Seorang programmer java yang ingin mencapai level expert apakah cukup dengan mengetahui prinsip OOP (Object Oriented Programming) ? Jawabannya tidak. Karena ilmu yang harus dipahami selanjutnya adalah Design Pattern dalam membuat kode Java. Design Pattern adalah solusi umum (konteks) terhadap masalah yang sering muncul dalam aplikasi software. Berdasarkan pengertian tersebut, design pattern terdiri dari tiga elemen dasar, yaitu: Konteks: situasi dimana pattern diterapkan (dan biasanya hal ini berulang)Masalah: tujuan atau batasan yang akan dicapai oleh konteksSolusi: desain umum dari masalah yang akan diselesaikan dan ditentukan batasannya

10 Cara Menjadi Programmer yang Expert (Ahli)

Saran saya untuk menjadi programmer yang expert / ahli: Sering dan banyak membuat programMembuat kode program dengan prinsip efisien dan fleksibelMembuat kode program dengan referensi buku yang direkomendasikanSelalu bertanya dalam hati "Mengapa aku harus membuat kode seperti ini?"Bereksperimen dengan kode secara asal-asalanMencari guru/mentor yang lebih pahamMenjadi pembicara atau pengajar dari program yang dipahamiBerhenti coding bila sedang jenuhMenulis kode di bahasa pemrograman lainMenerima opini/masukan yang baik (membangun) dan menolak masukan yang buruk
Semoga bermanfaat guys :)