Langsung ke konten utama

Import File CSV to PostgreSQL

Database postgresql adalah software database yang open source (gratis), sehingga pencinta database tidak memerlukan uang untuk membayar lisensi (seperti oracle dll.), kecuali uang ke warnet buat download softwarenya (klik disini).

Postgresql memang mirip dengan database yang lain seperti mysql, oracle, h2, myDB, dan lain-lain. Sehingga user tidak perlu repot untuk menghafalkan banyak query (perintah pemograman dalam database).

Pada artikel ini penulis akan menyajikan salah satu fitur dalam database untuk meng-import isi file CSV ke database.

File CSV merupakan kumpulan data dalam tabel (excel dll) dengan delimiter (pembatas) berupa karakter. Contoh :

Halaman;kebun;kita;bagus;sekali


Pada contoh di atas, data csv dibatasi oleh karakter semicolon (;). Sehingga dalam tabel di excel, tiap kolom tabel akan dibatasi oleh delimiter yang kita inginkan.

Sekarang kita masuk ke bagian query dalam postgresql. Dalam meng-import isi file CSV ke database di postgresql, hal yang harus kita lakukan adalah :

++ Tahap 1

Pastikan anda sudah membuat database di postgresql. Query-nya

CREATE DATABASE NAMA_DATABASE


++ Tahap 2

Pastikan anda sudah membuat tabel yang tipe data di tiap kolomnya sesuai dengan isi file CSV. Tipe data dapat berupa integer, bigint, char, varchar, timestamp, dan lain-lain. Contoh query-nya :

CREATE TABLE TEST(ID INT PRIMARY KEY, NAME VARCHAR(255))


++ Tahap 3

Cari letak file (path) CSV yang akan di-import ke database. Misalkan path file dari data.csv :

C:\Development\data.csv


Kemudian ketik query di bawah ini dengan ketentuan tanda backslash (\) diubah menjadi slash (/). Sehingga contoh di atas menjadi :

C:/Development/data.csv


++ Tahap 4

Format query import data file CSV ke database postgresql, yaitu :

COPY NAMA_TABEL FROM '/PATH/PATH/FILE.CSV' DELIMITERS 'DELIMITERS' CSV


Contoh query untuk import file data.csv ke tabel DATAKU, yaitu :

COPY DATAKU FROM ' C:/Development/data.csv ' DELIMITERS ',' CSV


Selamat mencoba dan jangan lupa comment ya. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Design Pattern di Java

Java merupakan pemrograman yang berorientasi objek dengan interface, abstract, dan class sebagai bentuk dasar dari kode. Seorang programmer java yang ingin mencapai level expert apakah cukup dengan mengetahui prinsip OOP ( Object Oriented Programming ) ? Jawabannya tidak. Karena ilmu yang harus dipahami selanjutnya adalah Design Pattern dalam membuat kode Java. Design Pattern adalah solusi umum (konteks) terhadap masalah yang sering muncul dalam aplikasi software . Berdasarkan pengertian tersebut, design pattern terdiri dari tiga elemen dasar, yaitu: Konteks : situasi dimana pattern diterapkan (dan biasanya hal ini berulang) Masalah : tujuan atau batasan yang akan dicapai oleh konteks Solusi : desain umum dari masalah yang akan diselesaikan dan ditentukan batasannya

Kode Contrast Stretching di Matlab

Buatlah filter Untuk memperbaiki citra bean pada gambar (a) dengan menggunakan fungsi T sebagaimana terlihat pada gambar (b). Dimana m1, m2 dan m3 adalah gradient. Temukan nilai m1,m2 dan m3 yang paling optimal sehingga menghasilkan gambar (c).

Pengenalan GridSQL

Overview Gridsql adalah sistem database paralel (terbagi beberapa cluster ) yang didesain untuk solusi data warehouse dan berbasis database PostgreSQL . Gridsql digunakan untuk memaksimalkan penggunaan database dengan data yang sangat besar, sehingga menghasilkan query yang cepat untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Aplikasi gridsql dijalankan di server induk yang terhubung dengan beberapa server ( agent ). Cara gridsql menghasilkan query dengan cepat adalah menempatkan data ke beberapa server agent yang diatur oleh satu server induk ( coordinator) . Saat menjalankan query di server induk, server induk akan menjalankan query yang sama secara paralel di server bawahannya. Sehingga hasil query -nya lebih cepat walau dengan data yang sangat besar. Gridsql dapat dijalankan di beberapa Operating System , seperti : a.        Windows b.       Linux c.        Solaris (seperti linux dalam instalasinya) Gridsql memang sang